Skip to main content

TIM BPSIP Bengkulu Akan Tinjau Durian Merah, Ini Kata Burandam

Ishak Burmansyah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Pekat Bengkulu
Ishak Burmansyah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Pekat Bengkulu

Bengkulu - Tim dari Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Bengkulu dalam waktu dekat akan turun ke Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dalam rangka meninjau langsung terkait adanya Tanaman langka jenis  Durian Lokal Bermutu yang isinya berwarna Merah Darah.

Kedatangan Tim dari BPSIP ini menurut Ishak Burmansyah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Pekat Bengkulu diperkirakan antara tanggal 10 atau 11 Oktober 2023 dan info ini didapat melalui handphone antara Ishak Burmansyah dengan Ibu Yuli dari BPSIP.

Info ini juga di benarkan oleh Seorang Pegawai Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Padang Ulak Tanding saudara Didi.

Kedatangan Tim dari BPSIP Bengkulu ke Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong ini guna meninjau langsung keberadaan pohon durian  milik masyarakat Desa Muara Telita yang menurut keterang pemilik durian tersebut bahwa durian yang ada tersebut memiliki keistimewaan tersendiri iaitu dengan isi durian berwarna merah dara, durian yang isinya merah Vok, ada juga durian yang isinya berwarna Pink, durian yang isinya berwarna kuning kunyit serta durian yang tidak memiliki ruangan dengan kata lain yang isinya menumpuk menjadi satu di bagian bawa ruangan.

Dari kemunikasi kepada pihak BPSIp Bengkulu bahwa Timnya akan turun kelapangan dalam rangka melakukan penelitian dan melakukan indetifikasi terhadap pohon durian, bunga durian,daun durian serta buah durian.

Namun berapa orang jumlah peserta dari Tim BPSIP yang akan turun nanti sampai berita ini di tayangkan belum mendapat informasi lanjutan.

Dilain pihak berdasarkan kemunikasi dengan pihak Dinas Pertanian Holtikultura. Berdasarkan kemunikasi dengan pihak Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu melalui Eri Bidang Holtikultura menjelaskan bahwa pihak Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu juga akan turut tunun kelapangan bersama Tim dari BPSIP tersebut.

Dilain pihak berdasarkan informasi dari Dinas Tanaman Pangan Dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong melalui Kabid Holtikultura menjelaskan bawa pihak Dinas tanaman Pangan Dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong juga akan turut serta untuk meninjau lokasi pohon durian langkah isi merah tersebut.

Sementara di Kecamatan Padang Ulak Tanding sendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)Pekat Bengkulu telah menyiapkan Tim juga untuk mendampingi TIm BPSIP Bengkulu, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Perkebunan Provinsi serta Tim dari Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong yang mana Tim dari LSM Pekat Bengkulu akan turut serta ke lokasi tersebut nanti didampingi pemilik pohon durian serta Lurah Pasar Padang Ulak Tanding dan toko masyarakat.

Mengingat beberapa bulan kedepan nanti musim panen durian akan tiba maka kita semua dapat membuktikan apakah buah durian lokal bermutu yang memiliki warna merah darah tersebut memang atau atau tidak kita sama sama akan membuktikan disaat durian tersebut dipanen nanti.

Semoga dengan adanya buah durian lokal unggulan yang isinya berwana merah darah ini dapat di buktikan maka nanti akan di daftarkan sebagai varitas unggulan lokal yang ada di bumi Pertiwi ini sekaligus untuk bisa di kembangkan agar tumbuhan ini tidak punah .demikian Ishak Burmansyah mengakhiri.(Tim)
 

Dibaca 31 kali

Facebook comments