Skip to main content

Sambut Hangat, Panitia Festival Durian Varitas Unggul Lokal Audensi Ke Bupati RL

Sambut Hangat, Panitia Festival Durian Varitas Unggul Lokal Audensi Ke Bupati RL
Sambut Hangat, Panitia Festival Durian Varitas Unggul Lokal Audensi Ke Bupati RL

Rejang Lebong - Panitia Festival Durian Jenis Langka Varitas Unggul Lokal beserta rombongan yang didampingi langsung Kepala Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding Muhamad Rudi hari ini Senin 13 Nopember 2023 melakukan Audensi kepada Bupati Rejang Lebong.

Pertemuan Audensi antara panitia Festival Durian yang dikomandoi langsung oleh ketua Panitia Arpan Mawi yang pada kesempatan itu juga hadir Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pekat Bengkulu Ishak Burmansyah pihak yang memprakarsai terlaksananya Festival Durian disambung langsung oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong yang di wakili oleh Stap Ahli Bidang Ukum Dan Politik Pemkab Rejang Lebong Ir.Amrul Ebi MM dan Kepala Kesbangpol Zulpan Effendi S.Sos MM  serta didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pertanian, Perwakilan dari Dinas Pariwisata serta Perwakilan Dari Dinas Perdagangan, Industri dan UMKM.

Dalam pertemuan Audensi tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong menyambut baik rencana akan dilaksanakannya Festival Durian Jenis Langka Varitas Unggul Lokal yang akan di laksanakan di Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu tersebut.

Lebih lanjut Ir. Amrul Ebi MM menjelaskan dari hasil Audensi tersebut pihaknya Pemkab Rejang Lebong mendukung kegiatan tersebut dan hasil dari pertemuan tersebut akan diteruskan kepada Bupati Rejang Lebong termasuk apa apa saja yang perlu disiapkan guna suksesnya acara Festival Durian Jenis Langka Varitas Unggul Lokal itu.

Perlu di ketahui bahwa awal dilakukannya kegiatan Festival Durian Jenis Langka Varitas Unggul Lokal ini berawal dari hasil investigasi dari Lembaga Swadaya Masyarakat Pekat Bengkulu terhadap pohon durian di wilayah Lembak Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dan Telah dilakukan Indentifikasi terhadap Tuju ( 7 ) pohon durian jenil langka varitas unggul lokal.

Berdasarkan hal tersebut Lembaga Swadaya Masyarakat Pekat Bengkulu berkeyakinan bahwa masih ada jenis langka yang lain yang belum di temukan.

Sementara sudah Tujuh (7) jenis langka yang sudah di Indentifikasi oleh pihak BPSIP Bengkulu antara lain durian isi warna merah dara, durian isi warna merah gelap/Pox,durian isi warna pink, durian isi warna kuning kunyit, durian isi warna pelangi, durian isi warna kuning kunyit dan durian yang tidak memiliki biji.

Sementara yang sudah di ketahui dua varitas lagi yang belum di lakukan indentifikasi iaitu durian yang disebut dengan nama Durian Kepala Gaja  yang beratnya mencapai diatas 17 Kg perbuah dan Durian Hitam namun kedua jenis ini sudah di ketahui keberadaannya.

Tujuan dari festival durian ini adalah selain dari untuk menggali tentang keberadaan jenis jenis durian langka yang dianggap unggul juga untuk menjadikan wilayah Lembak Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sebagai sentral Durian pulau Andalas alias pulau Sumatera dikarenakan telah ditemukan berbagai jenis dan varitas durian.untuk mencapai semua itu maka perlu dilakukan festival durian agar semua jenis durian langka dapat di data dan diindentifikasi sehingga mendapatkan sertifikat Hinga sampai pelepasan agar keberadaan durian jenis langka ini tetap bisa di lestarikan dan di kembangkan kemudian hari. (One) 

Dibaca 13 kali

Facebook comments