Skip to main content

Renovasi Benteng Anna Telan Dana 30 M, Ini Sikap DPRD Mukomuko

Renovasi Benteng Anna Telan Dana 30 M, Ini Sikap DPRD Mukomuko
Renovasi Benteng Anna Telan Dana 30 M, Ini Sikap DPRD Mukomuko

Mukomuko - Bupati Mukomuko, Sapuan bersama Anggota DPR, Satker, PPK dan jajaran Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII turut dalam kegiatan titik nol perbaikan Benteng peninggalan Inggris pada Kamis (06/05/2021). 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko mengapresiasi Bupati Mukomuko yang telah memperjuangkan anggaran untuk perbaikan situs bersejarah di Kampung Sakti Ratau Batuah.

Anggota DPRD dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Wisnu Hadi sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Sapuan-Wasri. Menurutnya perbaikan situs bersejarah ini akan menjadi icon Daerah khususnya Kabupaten Mukomuko.

“Di Provinsi Bengkulu ini hanya ada dua Situs bersejarah peninggalan Inggris, yakni Benteng Marlborough yang ada di Kota Bengkulu dan Benteng Anna yang terletak di Kabupaten Mukomuko. Atas nama Wakil rakyat kami mengapresiasi Pemerintah Daerah yang telah membawa anggaran untuk pembangunan di Kampung Sakti Ratau Batuah ditengah kondisi keuangan seperti saat ini,”kata Wisnu.

Wisnu yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Mukomuko dari Dapil Mukomuko tiga ini menuturkan, pembangunan perbaikan Benteng Anna menelan anggaran sebesar Rp 30.798 564.000, dengan pengerjaannya menggunakan pihak ketiga.

Renovasi Benteng Anna Telan Dana 30 M, Ini Sikap DPRD Mukomuko

“Menggunakan pihak ketiga. Lelangnya di Pusat alhamdulillah kontraktor dari Bengkulu yang menang tender. Pengerjaanya sampai akhir tahun anggaran. Ya membangun penahan abrasi sepanjang 775 meter, ” tuturnya.

Tambahnya, Wisnu juga berharap masyarakat dapat mendukung dalam pelaksanaan pekerjaannya. Ia mengatakan jangan sampai adanya anggaran yang masuk untuk Kabupaten Mukomuko masyarakat menghambat bahkan terkesan menggalang-halanginya.

“Situs bersejarah ini dilindungi Undang-undang nomor 11 tahun 2010. Dengan dibangunya benteng Anna kedepan diharapkan dapat menarik wisatawan manca negara. Dengan datangnya para peloncong akan menambah perputaran ekonomi keuangan masyarakat.

Diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko mendapat kucuran dana dari BWS tahun anggaran 2021 sekitar sebesar Rp 78 miliar. Selain digunakan untuk perbaikan Benteng Anna, dana tersebut juga digunakan untuk perbaikan irigasi.

“Ya, ini masukan anggaran untuk Kabupaten Mukomuko dari BWS Sumatera VII sekitar 78 miliar. Dibangun di lima titik diantaranya Benteng Anna dan irigasi.” Pungkasnya. (Adv)

Dibaca 6 kali

Facebook comments