Skip to main content

Plt Gubernur: Pekan Olahraga Tradisional Ke-V Bukan Hanya Pengertian Fisik, Namun Terkandung Pesan Moral

Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Ke-V Provinsi Bengkulu
Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Ke-V Provinsi Bengkulu

Bengkulu - Pekan Olahraga Tradisional Ke-V Tingkat Nasional di Provinsi Bengkulu secara resmi dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Sekretaris Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Bambang Laksono, Kadispora Provinsi Bengkulu Meri Sasdi, Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu di Lapangan Sport Center Pantai Panjang, Bengkulu, Selasa (10/10/2017).

Sekretaris Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Bambang Laksono mengatakan, dimana olahraga ini sangat perlu di kembangkan dan perlu di lestarikan bersama, jangan sampai olahraga tradisional ini punah. Kegiatan perlombaan pekan olahraga tradisional ini sudah yang ke lima kalinya dilaksanakan.

"Kami dari Kementrian pemuda dan olahraga mengemban tugas untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional ini, mudah-mudahan olahraga tradisional kita ini bisa menjadi suatu olahraga yang bersifat prestasi seperti olahraga tradisional kita yang terdahulu yaitu seperti pancasilat, takraw tarung derajat," jelas Bambang.

"Dari salah satu yang akan kita tampilkan di acara ini bisa kita angkat menjadi olahraga tradisional yang prestasi dikemudian hari," tambahnya.

Selanjutnya tidak hanya disitu, Plt Gubernur yang turut hadir membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan pekan olahraga tradisional ini tidak hanya semata dalam rangka olahraga dalam pengertian fisik, namun terkandung juga pesan moral yang sangat luar biasa. Sebagaimana sesuai dengan tema yang diangkat kita dituntut untuk mewujudkan Indonesia jaya, kita bangun atas dasar keberagaman budaya dan salah satunya yakni, olahraga tradisional yang akan diperlombakan hari ini.

"Dimana dari empat cabang lomba yang akan dipertandingkan pada hari ini yakni, enggrang, sumpitan, hadang dan terompah. Dari keempat olahraga tradisional tersebut, sungguh terkandung pesan moral persaudaraan, kebersamaan, kekompakan dan termasuk hiburan pada diri kita," ujar Rohidin saat sambutan pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Ke-V Tingkat Nasional. 

berharap dengan kegiatan ini, ikutilah kegiatan lomba ini dengan baik, dengan semangat sportifitas yang tinggi agar benar-benar terwujud rasa kebersamaan, rasa persaudaraan dan keragaman budaya yang dibungkus dengan semangat nasionalime yang tinggi dalam rangka, kita bersama-sama mewujudkan kejayaan provinsi Bengkulu dan kejayaan Indonesia secara keseluruhan.

"Kesempatan Bengkulu menjadi tuan rumah pekan olahraga tradisional Ke 5 pada tahun ini kita pergunakan juga dalam rangka mempromosikan destinasi wisata yang ada di provinsi Bengkulu," tutup Raohidin. 

Ada sebanyak 20 provinsi yang berlaga dalam olahraga tradisional yang diadakan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, yakni, Terompah Panjang, Eggrang, Hadang, dan Sumpitan serta tambahan Kompetisi Surfing yang diikuti 7 provinsi diantaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Bali, Jawa Timur, Lampung dan Bengkulu. (Adv/BN)

pict 1

Plt Gubernur bersama Sekretaris Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI dan para Pejabat ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

pict 2

Para Kontinge saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

pict 3

Sambutan Plt Gubernur saat pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Ke-V

pict 4

Plt Gubernur foto bersama usai pemukulan alat musik Dol dalam pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Ke-V

pict 5

Plt Gubernur bersama Sekretaris Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI saat menerima Cindera Mata.

Dibaca 26 kali

Facebook comments