Skip to main content

Pesona Telaga Putri Tujuh Warna Yang Unik Dan Fenomenal

pariwisata
Pesona Telaga Putri Tujuh Warna

Bengkulu - Telaga putri tujuh warna adalah salah satu destinasi wisata alam yang sangat unik dan menarik serta fenomenal. Bukan hanya tentang keindahan alam tetapi juga mitos yang tersembunyi dibalik pesona alam yang eksotis.

Jarak tempuh 

Destinasi wisata alam eksotis ini terdapat di Desa Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, Bengkulu. Dilihat dari letaknya mungkin cukup terpencil. Karena akses menuju ke destinasi wisata tersebut cukup sulit. Dengan jauh dari jalur Trans Sumatera, membuat destinasi wisata ini cukup sulit untuk ditemukan. Sebab membutuhkan waktu tempuh selama 3 jam berjalan kaki dari arah jalur trans Sumatera.

1


Sedangkan jarak lokasi wisata dari Bandara Internasional Fatmawati juga cukup jauh. Bahkan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada akses arah jalur trans Sumatera. Bahkan dapat mencapai setengah hari penuh. Sayangnya provinsi Bengkulu sendiri hanya mempunyai sebuah bandara, yaitu bandara Fatmawati. Letaknya berada di Jl Raya Padang Kemiling, Pekan Sabtu, Selebar, Bengkulu.

Sehingga wisatawan yang berasal dari luar Bengkulu pun harus rela menempuh perjalanan sehari penuh supaya dapat menyaksikan telaga atau danau fenomenal tersebut. 

Bagi traveler setelah keluar dari area bandara, sebaiknya tidak ambil jalur trans Sumatera. Melainkan langsung lurus ke arah barat, tepatnya di jalan Bengkulu – Kepahiang. Telusuri saja jalan tersebut hingga ke ujung jalan dan sampai di persimpangan Curup – Kepahiang.
Di persimpangan tersebut, ambil arah ke utara yang merupakan jalan Kepahiang – Curup. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai ke daerah Lebong. Kemudian ikuti saja petunjuk arah yang menuju ke destinasi wisata Telaga Putri Tujuh Warna.

Untuk mendapat jalur yang lebih mudah, dapat menggunakan akses Google map. Untuk keywords pencarian destinasi wisata fenomenal ini bukan menggunakan Telaga Putri Tujuh Warna. Melainkan menggunakan keyword / kata kunci Telaga Putih Tujuh Warna.
Tetapi lokasi dari Telaga Tujuh Warna juga tidak begitu terpencil. Sebab lokasi tersebut berada dalam satu kompleks wisata. Lebih tepatnya daerah wisata. Karena di sekitar area tersebut terdapat berbagai macam destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik dengan Telaga Putri Tujuh Warna yang cukup fenomenal ini seperti bukit daun.

Hal yang tidak boleh dilakukan di telaga putri tujuh warna

Hampir sama dengan kondisi beberapa destinasi wisata alam Indonesia yang mempunyai aura mistik. Telaga ini pun juga mempunyai aura mistik. Karena hal tersebut, terdapat sebuah aturan khusus untuk semua pengunjung tanpa terkecuali.
Aturan tersebut juga tidak boleh dilanggar. Jika melanggar mungkin akan menerima hukuman yang berupa suatu teguran dari pengelola telaga Putri Tujuh Warna tersebut. Walaupun cukup hanya berupa teguran, namun mungkin akibatnya akan menjadi fatal bagi diri sendiri. Karena itulah patuhi segala peraturan yang berlaku. Supaya suasana liburan tidak menjadi malapetaka bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk larangan keras yang berlaku di destinasi wisata ini hanya ada satu. Larangan tersebut adalah tidak diperbolehkan mengucapkan kata putri ketika berada di wilayah Telaga Putri Tujuh Warna. 
Kata putri tersebut termasuk sangat saklar di wilayah Telaga Putri Tujuh Warna. Karena setiap mengucapkan kata putri akan terjadi suatu hal yang cukup mengerikan. Hal tersebut adalah muncul sempurna air yang sangat besar yang berasal dari tengah danau.

Hal tersebut memang sangat mengerikan, mengingat Telaga tersebut tergolong ke sumber mata air panas. Jika seandainya terjadi semburan besar, semua orang yang berada di sekitar danau akan terkena percikan air panas tersebut.
Sayangnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti asal usul dari Telaga Putri Tujuh Warna tersebut. Namun masyarakat setempat sangat percaya bahwa merupakan pantangan keras untuk mengucapkan kata putri. Hal tersebut mungkin sangat sulit untuk dihindari. Karena putri sendiri merupakan nama favorit dan banyak orang yang memiliki nama tersebut.

1

Keunikan telaga putri tujuh warna

Satu – satunya keunikan dari Telaga Putri Tujuh Warna ini adalah air Telaga / danau yang warna warni. Destinasi wisata yang mempunyai luas sebesar ±50 hektar menjadi fenomenal karena warna air danaunya. Ada 7 buah telaga sekaligus di kompleks destinasi wisata alam ini. 4 dari Telaga tersebut mempunyai ukuran yang besar. Sedangkan sisanya mempunyai ukuran yang kecil. Masing – masing Telaga pun mempunyai warna yang berbeda beda.
Warna dari Telaga yang besar meliputi merah, biru, abu – abu dan putih. Sedangkan warna dari Telaga yang kecil yaitu coklat, hitam dan kuning. Jarak antar Telaga satu dan lainnya mempunyai kondisi yang berbeda – beda. Ada yang dekat, ada pula yang jauh. Ketika memasuki area Telaga Putri Tujuh Warna, akan langsung disuguhkan dengan sebuah telaga dengan warna yang cukup mencolok, yaitu telaga warna biru. Telaga tersebut mempunyai diameter sebesar ±10 meter.

Dari Telaga tersebut tercium aroma air panas yang cukup hangat. Sehingga pengunjung pun dapat sejenak menghangatkan diri di tepi telaga sekaligus menikmati pesona telaga yang sangat langka dengan warna air yang cukup biru. Tepat dari arah telaga biru, langsung terlihat 3 buah telaga kecil yang warna warni. Telaga kecil tersebut seolah mengelilingi telaga biru dengan ukuran yang lebih besar. Telaga kecil tersebut berwarna coklat, kuning dan hitam.

Dari ketiga telaga kecil, mungkin yang paling mencolok adalah telaga kuning. Karena warna kuning terlalu kontras jika dusandingkan dengan warna coklat dan hutan yang cenderung gelap. Ukuran dari ketiga telaga tersebut sebenarnya mempunyai perbedaan. Walau sekilas mempunyai ukuran diameter yang sama. Rata – rata ukuran diameter dari ketiga telaga mungil hanya sebesar ±5 meter.

Setelah menikmati pesona Telaga biru dan ketiga telaga kecil lainnya, dapat menikmati pesona dari Telaga lain dengan tracking sejauh ±200 meter. Caranya hanya dengan menyelusuri arus sungai kecil yang tidak jauh dari Telaga biru.

Telaga yang akan dijumpai selanjutnya adalah telaga berwarna merah. Ukuran dari Telaga merah ini sedikit lebih besar dari telaga biru. Kondisi air di Telaga ini juga sama seperti telaga biru, yaitu panas. Bahkan uap airnya terlihat dengan jelas menyelimuti permukaan danau.

Untuk menuju ke Telaga selanjutnya, mungkin memakan waktu yang cukup lama. Sebab jarak antara telaga merah dengan Telaga selanjutnya sebesar ±500 meter. Untuk telaga ini adalah telaga abu – abu. Ukuran diameter dari telaga abu – abu menang tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar ±4 meter. Ketika menyelusuri telaga abu – abu cukup menantang. Karena jalur tracking yang dilalui berupa tebing. Sehingga harus sangat berhati – hati supaya tidak tergelincir.

Setelah menikmati pesona Telaga abu – abu, dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Telaga yang terakhir. Telaga tersebut adalah telaga putih. Ukuran dari Telaga ini sangat besar dari semua telaga yang ada. Diameter telaga ini mencapai ±100 meter.

Dengan ukuran telaga yang luas, membuat view langit pun terlihat jauh lebih jelas. Karena dengan kondisi telaga Putri Tujuh Warna yang dipenuhi dengan pepohonan lebat, membuat tempat cukup lembab. Pepohonan pun berhasil menutupi lokasi tersebut dari sinar matahari.(rie)
 

Dibaca 5 kali

Facebook comments