Skip to main content

Pembangunan Landscape Danau Nibung Disoroti Pansus Dewan Mukomuko

Pembangunan Landscape Danau Nibung Disoroti Pansus Dewan Mukomuko
Pembangunan Landscape Danau Nibung Disoroti Pansus Dewan Mukomuko

Mukomuko - Adanya anggaran sebesar Rp 14,449 miliar, yang ditafsirkan adanya selisih dalam penggunaan APBD TA 2020, diduga anggaran tersebut tidak masuk dalam postur di APBD, dan telah dibelanjakan peralatan kesehatan oleh RSUD Mukomuko. 

Panitia khusus (Pansus) Pertanggungjawaban anggaran tahun 2020, melakukan pengecekan ke lapangan terkait pembangunan Landscape di objek wisata Danau Nibung. Pengecekan itu atas dasar LHP BPK Perwakilan Bengkulu Tahun Aggaran 2020. Dimana ada kelebihan bayar sebesar Rp 88 juta, dan catatan dari BPK itu harus ditindaklanjuti OPD terkait, Rabu (9/6).

 “Kita mengecek langsung kelapangan. Terkait pembangunan landscape tahun 2020 lalu senilai Rp 800 juta. Ada temuan menjadi catatan sebesar Rp 88 juta,” ungkap Ketua Pansus DPRD Mukomuko, Antonius Dalle.

Setelah mengecek kelapangan, Pansus memastikan tidak terdapat kekurangan volume pada bangunan landscape atau taman di Danau Nibung. Hanya saja ada selisih harga mal bekisting atau cetakan pada item bangunan beton.

“Kelebihan bayar itu, ternyata ada perbedaan hitungan mal bekisting. Satuan harga Disparpora (selaku OPD terkait) ada mal bekisting pada mengerjakan beton, seperti dak atau tiang. Sementara versi BPK, mal bekisting tidak dihitung, sehingga semua item bangunan yang menggunakan mal bekisting dihitung dan totalnya Rp 88 juta. Disitulah selisih atau yang dinyatakan kelebihan bayar. Artinya, pada bangunan ini, tidak ada volume yang tidak dibangun,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah mengaku, ada temuan BPK Perwakilan Bengkulu pada pekerjaan fisik landscape di Danau Nibung. Terkait temuan itu, pihaknya sudah menyampaikan kepada pihak pelaksana.


“Sudah kita sampaikan dan pihak pelaksana menyampaikan siap mengembalikan temuan itu sesuai waktu yang ditentukan,”singkatnya. (ADV)

Dibaca 10 kali

Facebook comments