Skip to main content

Paslon Akan Didiskualifikasi Jika Tertangkap Melakukan Money Politik

Pilwakot
Deklarasi Tolak dan Lawan Money Politik dan politisasi SARA menjelang pelaksanaan Pilwakot Tahun 20108.


Bengkulu - Bawaslu Provinsi Bengkulu menggelar Deklarasi Tolak dan Lawan Money Politik dan politisasi SARA menjelang pelaksanaan Pilwakot Tahun 20108. Kegiatan itu digelar di Sport Center Pantai Panjang pada, Rabu (14/2).

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Persadah Harapap mengatakan, bahwa jika masyarakat menerima adanya temuan dan laporan mengenai politik uang, maka pihaknya tidak segan-segan untuk  mendiskualifikasi Pasangan Calon (Paslon) serta memberikan sanksi dan pidana terhadap Paslon yang melanggar hal tersebut.

"Jika terdapat politik uang, itu sanksinya nanti kita bisa mendiskualifikasi Paslon, tetapi melalui proses penanganan pelanggaran. Jadi, mulai dari ada laporan, temuan itu nanti kita minta klarifikasi dari pihak Paslon yang bersangkutan. Jika nanti dalam hasil klarifikasi itu memang terbukti, disamping ada unsur pidana nanti bisa didiskualifikasi Paslon," tegas Parsada.

Selain itu, dirinya mengatakan, bahwa mengenai money politik Bawaslu memiliki undang-undang yang mengatur tentang pelanggaran, yakni Perbawaslu singkatan dari Peraturan Bawaslu setingkat dibawah Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perbawaslu.

Persadah juga menambahkan, walaupun sudah ditetapkan sebagai Paslon, bisa saja berdampak. Karena disamping bentuknya sanksi, itu bisa juga dikenakan pidana. "Artinya jangan dianggap sepele untuk masalah money politik ini," katanya. (Ria)

Dibaca 33 kali

Facebook comments