Skip to main content

Ketua DPW PKB Bengkulu Tolak Proporsional Tertutup Pemilu 2024

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bengkulu H. Zainal S.Sos, M. Si
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bengkulu H. Zainal S.Sos, M. Si

Bengkulu - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bengkulu H. Zainal S.Sos, M. Si menilai sistem proporsional terbuka atau memilih langsung anggota dewan saat pemilu 2024 sudah tepat.

Saat diminta konfirmasinya melalui Via WhatsApp, Dia memandang, jika Indonesia kembali menerapkan sistem proporsional tertutup atau memilih partai politik (parpol) dalam Pileg 2024 maka akuntabilitas politik akan rusak.

“kita menolak dengan sistem proporsional tertutup, dengan alasan selama ini kita sudah terbuka dan masyarakat diberikan hak yang seluas - luasnya untuk memilih siapa wakilnya,” singkatnya, Senin (23/1/2023). 

Lanjutnya, ketika dikembalikan kepada sistem proporsional tertutup berarti sama dengan membeli kucing dalam karung berarti demokrasi kita mundur.

“Ini, jika menerapkan system proposional tertutup pada pemilu 2024 sama saja dengan membelikucing dalam karung, Kok bisa?, ya sama saja atau bearti demokrasi kita mundur,” ungkap Zainal.

Selain dari itu, menurutnya, proporsional tertutup dalam pemilu memicu transaksi politik antara rakyat dengan calon pemimpin harus melalui perantara parpol. Lantaran cermatnya menurut dia, tidak melalui perantara tapi harus dilakukan secara langsung antara rakyat dengan calon pemimpin.(A0ne)

Dibaca 31 kali

Facebook comments