Skip to main content

Walikota Terima Penghargaan dari BPKP Terkait Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3

penghargaan
Walikota Terima Penghargaan dari BPKP Terkait Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3

Bengkulu – Salah satu unsur yang diperlukan untuk mendapatkan sistem pengendalian yang memadai adalah memperkuat peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif. Presiden RI memerintahkan agar kapabilitas APIP di setiap Pemerintah Daerah 85 persen berada pada level 3 (Integrated).

Inspektorat Kota Bengkulu sebagai APIP di Pemerintah Kota Bengkulu berhasil meraih kapabilitas APIP level 3. Maka atas pencapaian kapabilitas APIP level 3 itu, pihak BPKP Provinsi Bengkulu memberikan piagam penghargaan kepada Pemkot Bengkulu, Senin (11/10/2021) yang diterima langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

1

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto di berendo masjid At Taqwa. Turut hadir wakil walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Sekda Arif Gunadi, Plt Asisten I Eko Agusrianto dan Inspektur pada Inspektorat Kota Bengkulu Eka R Rino.

Pada sambutannya, Iskandar menerangkan bahwa level 3 berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Bengkulu telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

“Kami dari BPKP beserta jajaran kami lengkap dengan kordinator pengawasan hadir untuk ikut berbangga dimana Inspektorat Kota Bengkulu sudah masuk ke kapabilitas APIP level 3 atau kategori terintegrated,” ujar Iskandar.

Ia menyampaikan bahwa sampai saat ini di Provinsi Bengkulu total sudah 4 pemda yang dapat kapabilitas APIP level 3 yakni Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Masih ada PR kami 7 pemda lagi yang harus kita tingkatkan kapabilitas APIP nya ke level 3. Peningkaran level ini sangat penting. Karena ada satu tujuan yang ingin kita capai yakni good governance dan clean goverment, bebas dari KKN yang muaranya meningkatkan daya saing daerah serta meningkatkan pelayanan publik. Ini kita ingin capai dan wujudkan bersama,” sampai Iskandar.

Untuk mewujudkan itu, kata Iskandar harus ada penguatan APIP bagaimana agar sistem tadi dapat berjalan. Untuk mendukung itulah BPKP diamanahkan untuk melakukan pembinaan.

“Semoga dibawah kepemimpinan pak walikota Helmi Hasan dan wakil walikota Dedy Wahyudi dapat lebih menguatkan APIP agar ke depan semakin lebih baik lagi. Dan kami BPKP juga mengucapkan terima kasih atas raihan level 3 ini,” kata Iskandar.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengaku senang dan bangga atas pencapaian Inspektorat Kota Bengkulu yang mampu menaikkan kapabilitas APIP level 3.

“Saya sangat senang sekali acara hari ini dimana pemkot mendapatkan sertifikat penghargaan. Ini tentu berkat bimbingan, arahan, dorongan dan dukungan dari BPKP Provinsi Bengkulu. Kami berterima kasih semoga ini menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri dalam rangka melayani masyarakat dan mempertanggungjawabkan setiap rupiah dari anggaran yang dibelanjakan. Kuta tidak berpuas diri, harus bertekad bisa meraih level 4,” demikian Helmi.(Release)

Dibaca 4 kali

Facebook comments