Skip to main content

Taman Hutan Raya Rajolelo Akan Dijadikan Kebun Binatang

Bengkulu Tengah
Serah terima lahan dan aset TAHURA dari Pemprov Bengkulu kepada Pemkab Benteng.


Bengkulu - Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah, Ferry Ramli akan menjadikan Taman Hutan Raya Rajolelo (TAHURA) menjadi kebun binatang. Hal tersebut dikatakan Ferry saat serah terima lahan dan aset TAHURA dari Pemprov Bengkulu kepada Pemkab Benteng bertempat di kantor Gubernur Bengkulu, Senin (26/2).

“Insyaallah, kami akan membangun kebun binatang di lokasi Tahura, nanti seperti apa yang diinginkan Plt Gubernur. Tetapi kita akan evaluasi terlebih dahulu sehingga luasan hutan tersebut tidak ada masalahm,” ujarnya kepada wartawan usai serah terima lahan dan aset Tahura kemarin.

Dikatakan Feri Ramli, kehadiran kebun binatang nantinya akan dikelola secara optimal. Ia berharap, kebun binatang ini nantinya dapat dijadikan tempat penelitian bagi mahasiswa yang ada di Bengkulu.

“Semoga nantinya Tahura ini dapat kami kelola dengan baik, sehingga kedepannya bisa dijadikan tempat pariwisata dan tempat penelitian mahasiswa,” katanya.

Untuk diketahui sebelumnnya Tahuran ini dimiliki Provinsi Bengkulu. Aset Tahura meliputi peralatan mesin, bangunan gedung serta jalan dan irigasi dengan luas lahan mencapai 1.122 ha, berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 21/Kpts/VI/1998, 7 Januari 1998.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini aset Tahura resmi dimiliki dan dikelola Pemerintah Bengkulu Tengah. ”Aset dan lahan TAHURA telah diserahkan sepenuhnya. Jadi perlu dijaga dan dipastikan luas lahannya. Agar kedepan tidak ada lagi konflik dengan masyarakat. Jika perlu dibuat papan merknya dari besi pada setiap perbatasan agar jelas bahwasanya aset ini milik pemerintah,” tegas Rohidin.

Menurut Rohidin, sebab Tahura ini letaknya strategis, alam yang luas, subur dan masih asri, sehingga dapat menjadi lokasi liburan bagi masyarakat dan bisa di buat tempat olahraga.

”Pemanfaatan Hutan Raya menjadi Kebun Binatang atau Taman Kebun Wisata saya kira menarik, agar masyarakat dapat merasakan dan menikmati,” demikian Rohidin menambahkan. (Tv)

Dibaca 104 kali

Facebook comments