Skip to main content

Survei LEKAD: Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief Bakal Melaju ke Senayan

Survei LEKAD: Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief Bakal Melaju ke Senayan
Survei LEKAD: Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief Bakal Melaju ke Senayan

Bengkulu – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 menyisahkan waktu tinggal hitungan minggu lagi, bahkan informasi terbaru dari Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), baru saja tuntas melakukan survei indikator khusus terhadap 12 sosok Calon DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu.

Hasil survei LEKAD, dari 12 nama calon DPD RI menyimpulkan ada empat nama yang hasil surveinya tertinggi yakni incumbent senator Sultan B Najamudin dengan persentase sebesar 15,25%, disusul mantan Anggota DPR RI Patrice Rio Capella 14,5%, lalu menempati peringkat ketiga ada incumbent Ahmad Kanedi memperoleh 12,5 persen.

Sementara menariknya lagi, diantara perempuan yang bertarung akan memperebutkan kursi DPD RI, ada nama Leni Haryati John Latief menempati peringkat keempat sebesar 11%, dan selisih sedikit dengan sosok pendatang baru Elisa Ermasari yang menempati posisi kelima 9,08%. (Lihat grafis peringkat).

Presiden Direktur Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), Frentindo menerangkan, hasil survei LEKAD yang dilakukan pihaknya tersebut sifatnya hanya sementara. Ia mengungkapkan, survei tersebut dilakukan dari tanggal 25 Desember 2023 sampai tanggal 10 Januari 2024, dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sementara, total sampel 1200 responden tersebar proporsional di 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis responden memiliki toleransi kesahalan (margin of error) sekitar (+/-) 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Dari hasil survei tim kita dilapangan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, bahwa ada 4 nama yang perolehan persentase survei tertinggi dan berpeluang terpilih Anggota DPD RI yakni pertama ada Sultan B Najamudin, kedua Patrice Rio Capella, ketiga Ahmad Kanedi, dan keempat Leny John Latief," papar Frentindo kepada jurnalis, Kamis (18/1).

Selain itu dikatakan Frentindo, keempat nama yang memperoleh hasil survei tertinggi tersebut. Diketahui memang masing-masing memiliki basis masa hampir ditiap kabupaten/kota. 

"Apalagi keempat nama tersebut sama-sama punya pengalaman maju dalam hal pemilu, dan termasuk mereka ada yang menjaga konsituennya sejak lama hingga sampai sekarang. Termasuk juga banyaknya atribut baliho serta program masyarakatnya yang telah berjalan sejak setahun terakhir ini menyentuh masyarakat," terang mantan Alumni LEMHANAS RI ini.

Meski dari keempat nama tersebut memperoleh pesentase hasil survei tertinggi, menurut Frentindo, hasil tersebut sifatnya baru sementara. Dikarenakan sewaktu-waktu hasil bisa berubah lantaran masa kampanye ditengah masyarakat masih menyisahkan waktu dua pekan lagi untuk bisa menarik simpatik masyarakat.

"Akan tetapi biasanya dari pengalaman pemilu sebelumnya, hasil tidak akan berubah jauh signifikan. Dan dua pekan lagi kita akan kembali merilis hasil survei terbaru keseluruhan," pungkasnya.(**)

---grafis----

Hasil survei sementara LEKAD 12 calon DPD RI Dapil Bengkulu:

1. Sultan B Najamudin 15,25%
2. Patrice Rio Capella 14,5%
3. Ahmad Kanedi 12,5%
4. Leni Haryati John Latief 11%
5. Elisa Ermasari 9,08%
6. Imron Rosyadi 8,5%
7. Rahimandani 7,25%
8. Destita Khailisani 7 %
9. Andrian Wahyudi 2,5%
10. Def Tri Hardianto 2 %
11. Abdul Kharis Ma'mun 1,92 %
12. Edi Agusdin 0,75%

Catatan:
-Rahasia/Belum Menentukan Pilihan: 5%
-Tidak Tahu : 2,75%
-Margin Error: 2,5%
-Tingkat Kepercayaan: 95%

Dibaca 48 kali

Facebook comments