Skip to main content

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pendidikan Masyarakat FIP UNJ di Kabupaten Indramayu

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pendidikan Masyarakat FIP UNJ di Kabupaten Indramayu
Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pendidikan Masyarakat FIP UNJ di Kabupaten Indramayu

Program Studi Pendidikan Masyarakat FIP UNJ yang terdiri dari 10 dosen serta 4 mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indaramayu, Jawa Barat.

Tim pengabdian tiba di lokasi pada tanggal 20 Mei 2024, saat tiba di balai desa tim pengabdian bertemu dengan perangkat desa untuk memberikan perizinan serta membahas kegiatan yang akan dilaksanakan pada esok harinya, yaitu tanggal 21 Mei 2024. Setelah itu, tim pengabdian menuju tokoh oleh-oleh yang menjual hasil produk dari masyarakat sekitar untuk meninjau upaya kreativitas masyarakat sekitar.
                           

Tibalah hari pelaksanakan Pengabdian Masyakat di Desa bulak yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2024 di kantor Desa Bulak, yang dihadiri sebanyak 25 peserta yang berasal dari ibu-ibu PKK serta anggota Karang Taruna Desa Bulak. Kegiatan diawali dengan pembukaan MC oleh mahasiswa, setelah itu sambutan dari perwakilan dosen Penmas FIP UNJ serta perwakilan dari perangkat desa, kemudian acara inti yaitu penyampain materi, lalu penutup yang diakhiri dengan sesi foto bersama.
                        

Terdapat 7 materi yang disampaikan pada kegiatan ini, yaitu materi pertama mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang disampaikan oleh bapak Karta Sasmita, M.Si, Ph.D . Materi ini telah disesuaikan dengan situasi atau histori di desa ini yang dimana pernah terdapat kasus seperti ini. Materi kedua mengenai, Kewirausahaan Sosial untuk Pembentukan Komunitas Belajar Pendidikan Nonformal di Desa Bulak yang disampaikan oleh bapak Adi Irvansyah, M.Pd.

Materi ketiga mengenai, Pengelolaan sampah rumah tangga yang disampaikan oleh ibu Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. Materi keempat mengenai, pelatihan packaging dan pengemasan serta menampilkan contoh packaging dari hasil produk masyarakat yang kami dapatkan di tokoh oleh-oleh yang disampaikan oleh ibu Dr. Henny Herawaty BR.D, M.Pd. Materi kelima mengenai, Literasi Keuangan yang disampaikan oleh ibu Intan Purnama Dewi, M.Pd.

Materi keenam mengenai, Transformasi digital untuk pengembangan eduwisata dan wirausaha ramah lingkungan di indramayu yang disampaikan oleh bapak Dr. Daddy Darmawan, M.Si. Materi ketujuh mengenai, coaching kemampuan berkomunikasi interpersonal bagi ibu rumah tangga dalam upaya menguatkan ketahanan keluarga yang disampaikan oleh bapak Nararia Hutama Putra, M.Pd. Kemudian kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.
                

Para peserta sangat aktif dalam mengikut kegiatan ini, seperti mengajukan pertanyaan dan bercerita tentang pengalaman mereka terkait materi yang dibawakan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu memberdayakan masyarakat sekitar serta mendukung upaya Desa Bulak menjadi Desa Eduwisata yang optimal.

Dibaca 10 kali

Facebook comments