Skip to main content

Pemkab Benteng Laksanakan Rapat Koordinasi Rencana Aksi Nasional HAM

HAM
Pemkab Benteng Laksanakan Rapat Koordinasi Rencana Aksi Nasional HAM

Benteng – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Bengkulu Tengah melaksanakan rapat koordinasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) bersama Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Bengkulu, bertempat di Balai Sindu Kabupaten Bengkulu Tengah. Kamis (16/12)

Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, S.H., M.H, yang di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nurul Iwan Setiawan, S.Sos., M.M., menghadiri dan membuka acara secara resmi, turut hadir Kepala Bidang HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu Neli Sinarti, S.H., M.H., Kasubbag Tata Usaha Hukum dan Ham Provinsi Bengkulu Wike Zola, S.H.,, dan Kasubbag Nonlitigasi dan HAM Subandi, S.H., serta Kepala OPD terkait di Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat Nurul Iwan Setiawan S.Sos.,M.M., dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa di wilayah kita sekarang ini banyak pelanggaran HAM yang terjadi karena ketidaktahuan dan ketidakmengertian masyarakat. Oleh karena itu fungsi ASN sebagai pedoman masyarakat harus dapat melaksanakan pemenuhan HAM kepada masyarakat melalui tugas dan fungsi ASN.

1

” HAM bukan hanya amanah konstitusi yang harus kita laksanakan ,tetapi nilai-nilai kemanusiaan terkandung di dalam HAM tersebut, oleh sebab itu kita sebagai pelayan masyarakat harus dapat menjunjung tinggi HAM karena menjadi dasar hubungan Pemerintah Daerah dengan masyarakat”. Ungkapnya

Di tambahkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat mengharapkan kepada seluruh jajaran pemerintahan daerah dapat mempercepat upaya penyelesaian permasalahan-permasalahan HAM secara baik, seperti contohnya penyelesaian konflik agraria, penghormatan terhadap Hak Masyarakat adat, pemenuhan Hak atas pendidikan dan Kesehatan Masyarakat serta Hak Asasi Manusia (HAM) lainnya di Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah ini. Jelasnya

Sedangkan Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bengkulu Tengah Fauzi, S.H., M.M, Melaporkan bahwa maksud dan tujuan rapat koordinasi Aksi Nasional HAM ini adalah untuk meningkatkan pemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia di Kabupaten Bengkulu Tengah serta meningkatkan motivasi kita dalam melaksanakan pengisian data untuk pelaporan RANHAM dan KKP.

Setelah sambutan berlangsung acara di lanjutkan dengan pemaparan , dan tanya jawab tentang Aksi Nasional HAM oleh narasumber hingga selesai. (***)

 

 

Dibaca 2 kali

Facebook comments