Skip to main content

Keunikan Tradisi Jambar Uang Selimuti Rangkaian Maulid Nabi Wawali Dedy di Kecamatan Teluk Segara

jambar uang
Wakil walikota Bengkulu, bawa jambar uang dalam acara maulid nambi SAW

Bengkulu – Memang tak bisa dipungkiri, tradisi jambar uang masih melekat di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara dalam memperingati hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah tersebut.

Seperti Rabu (20/10), Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang menghadiri acara maulid nabi Muhammad di Masjid Baiturrahim disambut arakan jambar uang oleh masyarakat Kelurahan Bajak dan dengan rendah hati Dedy juga membawa rangkaian jambar uang milik warga.

Dedy juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Camat, Lurah dan warga yang hadir atas sambutan kepada dirinya dalam menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturrahim Kelurahan Bajak tersebut.

Disini, Dedy turut menyaksikan langsung penampilan anak-anak TPQ dalam melantunkan ayat suci Al-Quran dan hadits.

“Terima kasih kepada Pak Camat, Lurah, RT dan RW, Ketua BKM, dan seluruh Ketua Adat, serta LPM. Saya merasa bangga dan bahagia, diantara seluruh masjid yang ada di Kota Bengkulu, salah satu masjid yang makmur ialah masjid Baiturrahim di Kelurahan Bajak ini,” ujar Dedy dengan rasa bangga.

Disela rangkaian acara, Dedy memberikan kuis kepada anak-anak TPQ, bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW maka akan diberi hadiah sebesar Rp 100 ribu. Ia juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang hafal surah pendek Al-quran dan hadits pendek.

Usai itu, Ketua panitia acara Maulid Nabi Muhammad SAW Suandani mengatakan, tradisi jambar uang merupakan salah satu kearifan lokal yang masih dilestarikan warga setiap tahunnya di Kelurahan Bajak.

Ia pun membeberkan bahwa jambar uang ini didekorasi dengan menggantungkan uang di tanaman atau tangkai yang sudah di hias yang dilengkapi dengan vas seperti pot bunga kemudian diarak dari masing-masing RT menuju masjid yang dituju, kemudian uang yang didapat nanti di infaqkan ke masjid.

“Biasanya tradisi ini kita laksanakan setiap satu tahun sekali dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dan ini sudah ada sejak dulu, bisa dikatakan sebagai salah satu kearifan lokal yang masih kental disini. Dan alhamdulillah jambar uang tadi terkumpul sebanyak kisaran 14 juta, insya allah uang ini akan membantu perehaban masjid atau hal lainnya,” jelas Suandani.

Setelah itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Camat Teluk Segara Karnadi juga menghadiri acara maulid nabi di Musala Jami’atul Huda, Kelurahan Tengah Padang. (Rilis)

Dibaca 2 kali

Facebook comments