Skip to main content

Kemeriahan Pembukaan Festival Tabut 2018

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Saat Disambut Dengan Tari Sekapur Sirih
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Saat Disambut Dengan Tari Sekapur Sirih

Bengkulu - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr.H. Rohidin Mersyah resmi membuka Festival Tabot 2018 yang dipusatkan di viwe tower Bengkulu, pada Rabu (10/9) malam.

Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya membuka kegiatan ini mengatakan event tabut kali ini, diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Provinsi Bengkulu. Apalagi telah di tetapkannya festival tabut menjadi bagian dari kalender event nasional, dapat di jaga dengan baik dan terus berinovasi. Tak hanya kegiatan ini, namun event-event di setiap kabupaten akan juga di promosikan oleh Kementrian Pariwisata.

“Saya berharap tabut dapat meningkatkan pariwisata di Provinsi Bengkulu dan dapat memajukan perekonomian ,serta menjaga penggerak geliat pariwisata Bengkulu,” harapnya.

Sementara itu, Staff Ahli Kementrian Pariwisata RI Bidang Holtikultural, Esti reko astuti mengungkapkan bahwa festival tabut 2018 ini sudah masuk kedalam 100 kalender event Wonderfull Indonesia, dan semoga event ini menjadi event yang profesional, bahkan di twiterpun sudah menjadi trending topic ke 4. Dan festival tabot ini pun sudah memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan lokal maupun asing,dengan berbagai budaya bengkulu yang sangat luar biasa.

“Bengkulu sudah tidak bisa dipungkiri sebagai provinsi yang kaya akan budaya dan festival tabut ini pun sangat luar biasa dan semoga festival tabut kedepan menjadi event yang lebih baik lagi dan peningkatan pariwisata nya lebih banyak lagi,” ungkapnya.

festival Tabot berlangsung selama 10 hari. Dari 1 Muharrram hingga 10 Muharram. Ritual Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kesyahidan cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan melawan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala pada 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).

kegiatan yang dipusatkan di halaman lapangan merdeka Kota Bengkulu ini juga dihadiri FKPD, OPD dan juga para seniman se-Provinsi Bengkulu,dan di hadiri  koreografer indonesia deni malik serta ribuan masyarakat Bengkulu. (Tv)
 

Dibaca 40 kali

Facebook comments