Skip to main content

DPD SPRI Bengkulu Adakan SKW Perdana Di Kaur

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia(DPD SPRI) Provinsi Bengkulu, Aprin Taskan Yanto menghadiri rapat persiapan penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di Central Kuliner Kaur yang akan diselenggarakankan Dewan Pimpinnan Cabang (DPC) Kabupaten Kaur, Selasa (09/08).
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia(DPD SPRI) Provinsi Bengkulu, Aprin Taskan Yanto menghadiri rapat persiapan penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di Central Kuliner Kaur yang akan diselenggarakankan Dewan Pimpinnan Cabang (DPC) Kabupaten Kaur, Selasa (09/08).

Bengkulu – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia(DPD SPRI) Provinsi Bengkulu, Aprin Taskan Yanto menghadiri rapat persiapan penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di Central Kuliner Kaur yang akan diselenggarakankan Dewan Pimpinnan Cabang (DPC) Kabupaten Kaur, Selasa (09/08).

Rapat ini Menindaklanjuti himbauan Ketua Umum SPRI Henjie Mandagie dan juga Ketua Lembaga sertfikasi Profesi Pers Indonesia (LSP Pers Indonesia), DPC SPRI Kabupaten Kaur memulai rapat terbatas untuk mengikuti agenda pelaksanaan sertifikasi Kompetensi Wartawan di awal bulan September.

“Berdasarkan surat himbauan dari Bapak Henjie Mandagie, Ketua DPP SPRI dan Ketua LSP Pers Indonesia, kami berharap kepada DPC dan DPD SPRI Bengkulu dapat berkontribusi untuk mensukseskan Program sertifikasi jurnalistik, kompetensi profesional jurnalis ini,” kata Aprin.

Aprin menjelaskan, terdiri dari 4 skema atau kategori sertifikasi wartawan yang akan di laksanakan nanti yakni; 1. SKW Madya, 2. SKW muda kameramen, 3. SKW muda reporter, 4. SKW Utama  dengan syarat masing-masing berlaku.
Skema dan kategori yang berbeda mempengaruhi tingkat biaya, jadi Aprin merekomendasikan agar peserta mengambil tingkat yang sesuai berdasarkan kemampuan, keterampilan dan pengalaman.

"SKW bertujuan untuk meningkatkan kualitas wartawan atau jurnalis yang sudah menjadi profesi sebagai jurnalis, dengan menyelesaikan program sertifikasi kompetensi jurnalistik. sehingga dibuat skema untuk menguji jangkauan keterampilan dan yang menjadikan skema poin penting di sini adalah negara atau pemerintah oleh lembaga yang dibentuk oleh BNSP," jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di awal bulan September 2022 mendatang yang bertempat di Kabupaten Kaur dan bagi para wartawan/jurnalis yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu ataupun di luar Provinsi Bengkulu, yang mau mengikuti SKW, mulai di buka pendaftaran terhitung 11-31 Agustus 2022.

"Yang pasti SKW sudah disepakati di awal September 2022 dan kita sudah siapkan formulir untuk di berikan kepada seluruh calon peserta yang sudah konsultasi kepda tim kami.  Saya meminta semua pihak untuk dapat mendukung, mengingat dunia kerja semakin kompetitif di era globalisasi dan harus mampu menjawab tantangan global, ada yang membutuhkan tingkat profesional. Program ini juga merupakan agenda Negara untuk meningkatkan sumber daya manusia di semua bidang profesional di Indonesia. Pemerintah dan semua instansi atau lembaga Negara dapat mendukung program ini,” pungkanya.

1

Sementara itu, Ketua DPC SPRI Kabupaten Kaur, Darius, SH berharap kepada rekan-rekan wartawan untuk dapat mensukseskan pelaksanan SKW yang diadakan di Kabupaten Kaur.

"Saya berharap kepada rekan-rekan untuk dapat mengikuti uji kompetensi ini, agar dapat meningkatkan SDM dan mendapatkan seritifikasi sebagai wartawan, sebab pelaksanannya diadakan di Kabupaten Kaur," harap Darius.(dd)

Untuk nomor kontak tempat pendaftaran dapat menghubungi nomor ini:

1.085273557795

2.081273246295

3.082299696472

 

Dibaca 101 kali

Facebook comments