Skip to main content

Di Binsiap Apwil dan Puanter, Kominfo Beri Pemahaman Tentang Teknologi dan Informasi di Era Digital

teknologi era digital
Di Binsiap Apwil dan Puanter, Kominfo Beri Pemahaman Tentang Teknologi dan Informasi di Era Digital

Bengkulu – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Bengkulu diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Nugroho Tri Putra menyampaikan materi Teknologi dan Informasi Sebagai Kebutuhan di Era Digital kepada Danramil dan Babinsa dalam kegiatan Pembinaan Kesiapan (Binsiap) Aparat Kewilayahan (Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Tahun 2021 di Aula Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0407/Kota Bengkulu, Rabu (24/11/2021).

1

Dalam kegiatan ini, Nugroho menjelaskan, teknologi dan informasi sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Apalagi di era digital. Penggunaan media sosial dan berbagai aplikasi begitu banyak digunakan warga.

“Dari hasil riset layanan manajemen konten Hootsuite yang diterbitkan Februari 2021, waktu yang dihabiskan pengguna WhatsApp di Indonesia sekitar 30,8 jam per bulan, Facebook 17 jam per bulan, Instagram 17 jam per bulan, Tiktok 13,8 jam per bulan, dan Twitter 8,1 jam per bulan. Ini dapat diartikan bahwa masyarakat sangat membutuhkan atau bahkan memiliki ketergantungan dengan internet untuk pemenuhan aktivitas sehari hari. Misal, untuk mengakses dan memperoleh informasi dan pengetahuan, juga sebagai sarana konektivitas dan komunikasi bisnis dan hal lainnya,” papar Nugroho.

Disampaikan Nugroho, dengan adanya berbagai platform tersebut, tentu juga dapat memudahkan Babinsa dalam menjalankan tugasnya, seperti menyampaikan laporan kepada pimpinannya terkait informasi informasi di wilayah teritorial tugas Babinsa.

2

“Tetapi dengan kemajuan teknologi dan informasi ini juga terdapat dampak lainnya, seperti penggunaan aplikasi aplikasi yang memberi efek negatif. Contohnya game online yang dapat mengganggu produktivitas kerja jika dimainkan saat jam kerja,” ujarnya.

Oleh karena itu, sampainya, dibutuhkan pemahaman yang cukup melalui proses edukasi agar siapapun pengguna internet dan aplikasi dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk hal hal dan tujuan yang positif.

Kegiatan Binsiap Apwil Puanter ini sebelumnya dibuka Komandan Kodim 0407/Kota Bengkulu Kolonel Inf. Hendriawan Senjaya, S.E., M.Tr (Han).

Dalam kegiatan ini Kabid IKP Nugroho Tri Putra juga didampingi Kasi Pengelolaan Informasi Publik Hendri Akbar, dan Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Yopi Haikal Perdana. (Rilis).

 

Dibaca 2 kali

Facebook comments