Skip to main content

Dewan : Pemerintah Pusat dan Provinsi Harus Hentikan Aktivitas Pembalakan Liar dan Penambangan

penanggulangan banjir
Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain

Bengkulu – Terkepungnya Kota Bengkulu akibat banjir membuat Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain angkat bicara, menurutnya Pemerintah Pusat dan Provinsi harus berperan menghentikan pembalakan liar dan penambangan batu bara agar setiap hujan turun dari hulu tak menyebabkan banjir di hilir lagi (banjir kiriman).

Ia mengungkapkan hal ini harus segera cepat ditangani agar warga Kota Bengkulu tak lagi terdampak banjir.

“Banjir ini kan kiriman, ya jadi hujan derasnya di gunung daerah benteng dan sekitarnya. Disana hutan sudah rusak akibat pembalakan liar dan penambangan batu bara, karena Kota Bengkulu daerah hilir dan disana (gunung) sungai sudah dangkal tentu kita menerima dampak banjir kiriman itu seperti apa yang kita lihat saat ini,” ujar Teuku, Rabu (20/10/2021).

Ia ingin seluruh pihak melakukan kerja nyata dalam mengatasi masalah banjir ini, terutama permasalahan pembalakan liar dan penambangan batu bara.

“Pemerintah pusat, provinsi juga harus melakukan langkah-langkah penanganan seperti penghentian pembalakan liar dan penambangan. Setelah itu, harus dilakukan normalisasi terhadap sungai-sungai agar kemudian tidak memberikan banjir kiriman ke Kota Bengkulu lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Dinas PUPR Kota Bengkulu juga terus melakukan pemeliharaan rutin dengan normalisasi drainase-drainase di Kota Bengkulu agar tak terjadi banjir dan juga meminta peran aktif masyarakat dalam mencegah terjadinya banjir dengan terus menjaga lingkungan sekitarnya. (Rilis).

 

Dibaca 2 kali

Facebook comments