Skip to main content

Dewan Dukung Pemasangan 100 Tappig Box Untuk Mencegah Kebocoran PAD

tapping box
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Dedi Yanto

Bengkulu – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Dedi Yanto mendukung penuh rencana pemerintah kota Bengkulu untuk memasang 100 Alat perekaman transaksi (tapping box) yang  merupakan media yang tepat untuk menyasar restoran, perhotelan dan lain lain agar mengantisipasi terjadinya kebocoran PAD.

“Itu sudah dilakukan bertahap dari tahun lalu untuk mencegah kebocoran PAD dari sektor pajak,” katanya, Jumat (8/10).

Ia menambahkan DPRD bersama Bapenda secara rutin melakukan sidak senyap terhadap wajib pajak dan bagi wajib pajak yang taat akan kita beri reward dan edukasi.

Alat perekaman transaksi (tapping box) yang sempat dicabut Maret 2021 lalu oleh pihak ketiga, saat ini diketahui sudah mulai terpasang lagi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak perhotelan, restoran dan tempat hiburan.

Dikatakan Kabid Pajak Daerah (P1) Bapenda Kota Bengkulu, Zainul Arifin, mengatakan, saat ini sudah 100 tapping box yang terpasang di tempat usaha berskala besar. Sementara untuk usaha berskala kecil belum dipasang. “Tapping box ini dipasang oleh BSI.

Diakui Zainul, pemasangan 100 tapping box itu dilakukan sejak Juni lalu dan servernya terpantau langsung oleh Bapenda. Selain itu, untuk pengusaha yang tidak menyalakan  tapping box nya akan diberikan teguran.

“Untuk WP dari perusahaan besar semuanya sudah bayar pajak, memang ada yang dari usaha-usaha yang kecil ini yang sering mencabut tapping box,” kata Zainul. (Adv)

Dibaca 11 kali

Facebook comments