Skip to main content

Bupati Bengkulu Utara  Resmikan Empat TPS 3R Di Dua Kecamatan

TPS sampah
Bupati Bengkulu Utara  Resmikan Empat TPS 3R Di Dua Kecamatan

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H. Mian resmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) secara maraton di 2 Kecamatan, yaitu Giri Mulya dan Ulok Kupai. Jumat (7/1/2022).

Bupati BU Ir H Mian menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, sehingga TPS 3R yang berada di Desa Giri Mulya, Giri Kencana Ketahun dan di Desa Tanjung Harapan, Desa Bukit Berlian di Kecamatan Ulok Kupai dapat diresmikan.

Bupati BU juga berharap, dengan diresmikannya TPS 3R ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin, dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi warga setempat dan sekitarnya.

Beliau mengatakan, penyelenggaraan TPS3R diarahkan pada konsep mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan daur ulang (recycle). Pengelolaan sampah merupakan rangkaian kegiatan pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, dan pengelolaan.

1

“Dengan adanya TPS3R ini, masyarakat dapat terlibat aktif langsung dalam pengelolaan sampah. Selain memiliki hasil yang positif bagi lingkungan hidup di daerah sekitar, hasil pengelolaan sampah dapat menghasilkan kompos dan sebagainya, tentunya ini akan juga dapat menciptakan nilai ekonomis. Kami juga berharap ini dapat berkelanjutan memberikan dampak yang baik, tentunya harus dijaga untuk keberlangsungan TPS3R ini,” kata Bupati BU.

Sementara itu, Kadis DLH BU Ir Alfian MM menyampaikan, program ini, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) PUPR, dari program sanitasi tahun 2020 sebesar 2.4 M.

Pelaksana program TPS3R ini dikerjakan secara swakelola yang merupakan program padat karya dengan melibatkan masyarakat setempat, dan nantinya program ini akan dikelola oleh Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan (KPP) sebagai pengelola TPS3R ini.

1

“Harapannya dapat berdampak pada pengurangan sampah sebanyak 20 persen di Bengkulu Utara di mulai tahun ini, semua program ini dapat bermanfaat bagi KPP,” terangnya.

Dalam Kegiatan turut hadir, kepala Dinas PUPR BU, Kepala Dinas DPMD BU, Kepala Dinas Kominfo BU, Kepala DLH BU, peresmian pertama di Kec Giri Mulya hadir Camat Giri Mulya, Camat Ketahun, Tripika Kecamatan Giri Mulya, Ketahun, Seluruh Kepala Desa, Ketua BPD, Se-Kecamatan Giri Mulya Ketahun, serta KSM, KPP Desa Giri Mulya dan Giri Kencana dan Tamu Undangan. Dilanjutkan Acara peresmian di Desa Tanjung Harapan turut hadir Camat Ulok Kupai, Tripika Kec, dan Kepala Desa, Ketua BPD, KSM, KPP se-Kecamatan Ulok Kupai.(Mc)

Dibaca 2 kali

Facebook comments