Skip to main content

76 Desa Di Benteng Gelar Pilkades Serentak

Pilkades Serentak
76 Desa di Kabupaten Bengkulu Tengah Pilkades Serentak

Bengkulu Tengah – Sebanyak 76 Desa di Kabupaten Bengkulu Tengah melakukan Pilkades serentak yang tersebar di Kecamatan Karang Tinggi 7 desa, Kecamatan Taba Penanjung 9 desa, Kecamatan Talang Empat 4 desa, Kecamatan Pondok Kelapa 7 desa, Kecamatan Pematang Tiga 9 desa, Kecamatan Pagar Jati 11 desa, Kecamatan Merigi Kelindang 9 desa, Kecamatan Merigi Sakti 7 desa, Kecamatan Pondok Kubang 5 desa, Kecamatan Bang Haji 6 desa dan terakhir Kecamatan Semidang Lagan ada 2 desa.

k

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2021 ini di gelar di 11 kecamatan yakni Kecamatan Karang Tinggi, Kecamatan Taba Penanjung, Kecamatan Talang Empat, Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Pematang Tiga, Kecamatan Pagar Jati, Kecamatan Merigi Kelindang, Kecamatan Merigi Sakti, Kecamatan Pondok Kubang, Kecamatan Bang Haji dan Kecamatan Semidang Lagan.

Sebelum melakukan pemantauan di bebarapa daerah Bupati Bengkulu Tengah melalui Sekda Edi Hermansyah, S.Si.,M.Sc.,P.hD beserta unsur Forkopimda Bengkulu Tengah mendengarkan arahan dari Direktoral Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Vidcon di Ruang Rapat Bupati, Sabtu (20/11).

k

Dalam Laporannya Sekda Edi Hermansyah, S.Si.,M.Sc.,P.hD menyampaikan berdasarkan undang – undang No 06 tahun 2014 tentang desa serta PP 43 tahun 2014 tentang pelaksanaannya dan Perda Bengkulu Tengah tentang pemilihan dan pemberhentian kepala desa maka pada tahun ini melaksanakan pilkades serentak di 76 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

“Dari 76 desa dengan total calon sebanyak 239 orang sedangkan total pemilih ada sebanyak 45.810 orang / jiwa dipastikan tidak melebihi dari 500 orang / jiwa per-TPS selain itu juga tahapan penjaringan bakal calon, pendaftaran pemilih, pengundian nomor calon kepala desa sudah dilaksanakan semua” jelasnya

Ia menambahkan sedangkan untuk petugas keamanan yang melakukan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dilaksanakan secara optimal. Setelah selesai mendengarkan arahan dari Direktoral Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, tim yang terdiri dari Unsur Forkopimda, unsur pimpinan DPRD dan anggota serta Kepala OPD terkait melakukan pemantauan langsung ke TPS – TPS untuk memastikan Pilkades serentak di Kabupaten Bengkulu Tengah berjalan kondusif dan lancar.

Seperti diketahui Tim satu memantau pelaksanaan Pilkades ini di tiga Desa yakni Pasar Pedati, Sunda Kelapa dan Pondok Kelapa

ki

Terpisah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat Bengkulu Tengah Nurul Iwan Setiawan, S.Sos.,M.Si yang terdiri dari tim dua langsung Monitoring pelaksanaan Pilkades di 3 desa yang pertama Desa Rindu Hati, Lubuk Unen dan Talang Ambung.

Asisten dalam monitoring menyampaikan kepada semua Calon Kades (Cakades) yang maju mencalonkan diri memiliki niat yang baik untuk kemajuan desanya maka dari itu silakan masyarakat menentukan pilihannya masing-masing.

“Saya hanya berpesan kepada calon kepala desa, bagi calon yang belum mendapatkan amanah untuk memimpin desanya nanti agar tetap menjalin hubungan silaturahmi. Karena pilkades ini adalah sebuah proses politik hanya sesaat jangan sampai terjadi keributan-keributan yang tidak kita inginkan. Sementara bagi calon terpilih nanti harus dapat menjalin Komunikasi dari berbagai pihak demi kemajuan desanya”imbuhnya.(***)

Dibaca 9 kali

Facebook comments