Skip to main content

Fungsi dan Contoh Alat Musik Melodis

ilustrasi.net
ilustrasi.net

Viralpublik.com Alat musik melodis merupakan semua alat musik yang bisa menghasilkan dan menciptakan nada dan melodi. Alat musik melodis menghasilkan suara yang jauh lebih merdu dibandingkan dengan alat musik ritmis.

Alat musik melodis sangat beraneka ragam dari mulai fungsi, cara memainkannya dan juga contohnya, berikut ini beberapa fungsi dan contoh alat musik melodis adalah :

  1. Fungsi Alat Musik Melodis
  2. Sebagai Instrumen Tunggal

Meskipun dimainkan secara tunggal alat musik melodis tetap menarik dan sangat enak untuk dinikmati oleh telinga kita meskipun tidak ada alat musik pendukung. Berbeda dengan musik ritmis yang terasa sangat monoton. Contoh yang dimainkan secara tunggal seperti resital piano.

  1. Sebagai Pengiring Tari

Sebagian besar dari alat musik melodis dapat digunakan sebagai pengiring pertunjukan tari tradisional ataupun tari modern.

  1. Sebagai Media Terapi

Ternyata suara lantunan musik ini memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kortisol pada tubuh kita. Maka dari itulah suara musik melodis dapat digunakan sebagai media terapi kesehatan mental kita. Dan bukan hanya itu saja, ternyata alat musik melodis juga dapat melepaskan segala beban dan stress yang dialami.

  1. Sebagai Media Untuk Menjaga Kesehatan

Beberapa dari alat musik melodis ternyata dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Contohnya alat musik tiup yang dapat menjaga kesehatan pernafasan dan meningkatkan koordinasi kerja otak kita.

  1. Sebagai Media Belajar

Alat musik melodis juga dapat digunakan sebagai media belajar. Dengan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dari seseorang. Terutama jika sudah belajar musik sejak kecil ini akan membantu merangsang kerja otak.

  1. Contoh Alat Musik Melodis Dan Cara  Memainkannya
  2. Piano

Piano merupakan salah satu alat musik melodis yang cukup dikenal oleh masyarakat kita. Dan untuk cara memainkannya kita dapat menekan tuts-tuts yang ada dalam piano yang berjumlah sebanyak 88 buah.

  1. Biola

Biola juga merupakan salah satu alat musik melodis yang banyak disukai oleh masyarakat kita. Dan untuk cara memainkannya adalah kita menggesekkan bow atau busur ke dawai biola untuk menghasilkan nada yang indah.

  1. Kolintang

Kolintang merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara yang terbuat dari kayu yang disusun hingga menghasilkan nada-nada yang berbeda. Dan untuk cara memainkannya adalah memukulnya dengan stik yang terbuat dari kayu sehingga menghasilkan nada-nada.

  1. Gitar

Gitar merupakan alat musik melodis yang sering kita jumpai. Gitar juga memiliki dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Alat ini musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

  1. Seruling

Seruling merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang memiliki lubang-lubang. Panjang dari seruling ini sekitar 30 cm. Alat musik ini ditemukan di Pulau Jawa. Dan cara ditiup di salah satu ujungnya.

  1. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari Tiongkok. Dan di Indonesia menjadi bagian dari daerah Sunda. Kecapi juga digunakan untuk mengiringi tembang-tembang di daerah tersebut. Ada dua jenis kecapi yaitu perahu dan siter. Untuk cara memainkan kecapi yaitu dengan cara dipetik.

  1. Mandolin

Mandolin merupakan alat musik yang berasal dari Italia. Mandolin memiliki jumlah senar yang lebih banyak dibandingkan dengan gitar. Mandolin menciptakan melodi dalam sebuah musik lewat rangakaian dawai yang dipetik, digesek dan ditekan. Ada tiga jenis mandolin yaitu Neapolitan, A-style dan F-style.

Dibaca 35 kali

Facebook comments