Skip to main content

Diskomfotik Benteng Gelar Sosialisasi Penginputan Data Statistik Sektoral

validasi pengimputan data
Assisten II Pemkab Bengkulu Tengah, Elyandes Qori, SE., M.Si

Benteng –  Dinas  Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar kegiatan sosialisasi penginputan data statistik sektoral di Aula Riung Gunung Senin, (18/10).

Data statistik sektoral adalah sebagai data yang digunakan untuk perencanaan, monitoring, evaluasi pembangunan. Sedangkan data sektoral tersebut dihasilkan dari instansi sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing dinas, badan dan kantor di Provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam Laporannya Kabid Statistik Sektoral Hamidah Apriani Ritha, S.Psi mengungkapkan tujuan dari Sosialisasi tersebut yaitu terselenggaranya  kegiatan sosialisasi Statistik di lingkungan Pemerintah Daerah  yang baik, transparan, efektif, efisien serta dapat dipertanggung jawabkan.

Melalui kegiatan tersebut juga di harapkan dapat memahami bagaimana cara penyajian  data yang benar dan memiliki data yang akurat untuk dapat disajikan  kedalam website validata Diskominfotik kabupaten Bengkulu Tengah  https://statistik.bengkulutengahkab.go.id/.

“Sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut dapat membantu walidata statistik sektoral  Diskominfotik  kabupaten Bengkulu Tengah untuk berintegrasi  dengan OPD dan Kecamatan diruang lingkup pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mewujudkan Program Nasional Pemerintah Pusat yakni Satu Data Indonesia”. Jelas Hamidah

1

Acara tersebut dibuka secara resmi Assisten II Elyandes Qori, SE., M.Si dalam sambutannya bahwa penyajian data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi permasalahan  diantaranya yaitu  data yang tersebar di instansi sektoral, kualitas data ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia.

“ Dengan adanya sosilasisi yang kita ikuti pada hari ini dapat mengurangi duplikasi data dan sekaligus merupakan upaya media tukar – menukar data dan informasi di setiap OPD  yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah” .  Ungkap Elyandes

Untuk  itu perlu dibangun jejaring antar OPD  agar ketersedian data dan informasi yang dibutuhkan secara aktif dan berkelanjutan,  serta mendorong pemanfaatan  data dan proses perencanaan sebagai acuan pengambilan keputusan atau kebijakan. Tutupnya (Mc)

Dibaca 2 kali

Facebook comments