Skip to main content

Dewan : Sekolah Di BS Masih Kekurangan Guru

sekolah
Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS), Barli Halim, SE

Manna – Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS), Barli Halim, SE meminta dalam penempatan guru di Kabupaten Bengkulu Selatan harus merata karena masih ada sekolah yang kekurangan guru, disisi lain ada sekolah yang kelebihan guru.

“Sangat perlu pemerataan guru. Karena itu menjadi salah satu kunci memajukan sektor pendidikan,” kata Barli, Jumat (1/10).

Ia mengatakan biasanya sekolah yang sering kekurangan guru adalah sekolah yang berada di pinggiran atau letaknya jauh dari wilayah kota. Kondisi tersebut menyebabkan aktivitas belajar mengajar tidak maksimal. Hal itu tentu saja berpengaruh dengan ilmu yang diterima siswa.

Sementara sekolah yang berada di dalam kota atau lokasinya mudah dijangkau terjadi penumpukan guru, bahkan guru harus mengajar lebih satu sekolah untuk mencukupi kuota jam mengajar.

“Kalau guru kurang, jelas saja proses belajar tidak akan efektif. Akibatnya siswa menjadi rugi, ilmu yang didapat tidak maksimal,” ujar Barli.

Dalam menempatkan guru, sebaiknya didata secara betul kebutuhan dan jumlah guru. Jika data tersebut valid, ia yakin tidak akan ada sekolah kekurangan guru. Karena saat ini jumlah guru di BS sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

“Guru yang ditugaskan di sekolah pinggiran juga jangan tidak mau pindah. Karena selama ini banyak guru pas dimutasi jauh malah melobi-lobi untuk pindah lagi ke sekolah dekat. Jalankan saja dulu itu, karena bagian pengabdian, apalagi guru yang masih berusia muda,” imbuhnya. (Adv)

 
Dibaca 3 kali

Facebook comments