Skip to main content

Anggota APTIKNAS, LKP Cybermedia College Jadi Akademi Komunitas

Anggota APTIKNAS, LKP Cybermedia College Jadi Akademi Komunitas
Anggota APTIKNAS, LKP Cybermedia College Jadi Akademi Komunitas

Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan saat ini sedang aktif menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2023. Menariknya, dari sekian banyak Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Indonesia, LKP Cybermedia College (CMC), Kelapa Gading dipercaya menjadi salah satu penyelenggara program PKK 2023  khususnya di bidang Animasi 3D dan Game. 

Lebih menarik lagi, LKP CMC baru saja mendapatkan rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kemendikbud untuk menjadi Akademi Komunitas (AK) dengan program diploma dua (D2). LKP CMC pun langsung bergerak cepat menggelar diklat bagi para calon animator 3D. 

Koordinator Pokja PKK, Ditsuslat, Ditjen Vokasi Kemendikbud Purwanto membuka secara online diklat PKK Animasi 3D di Gedung CMC Kelapa Gading pada Kamis (14/9/2023). Sebanyak 75 peserta diklat Animasi 3D dan game ini dilatih langsung oleh para profesional Castle Production. 

Photo

Di Pelatihan ini, Mentor Senior Castle Production Agung Raditya dan Vito Adhiyoga memberikan materi yang dapat menciptakan kondisi working environment yang militan bagi para siswa. "Ini penting bagi para siswa agar mereka tidak kaget saat terjun ke dunia industri nantinya," ujar Agung Raditya.

Pada kesempatan ini, Ardian Elkana, Founder CMC meyakini para siswa pasti dimudahkan karena mentor Castle Production berasal dari kalangan profesional dan berpengalaman. "Makanya kami selalu terapkan metoda: Less Theory, More Hands-On, dan Full Passion, sehingga siswa akan bekerja dengan penuh totalitas saat mereka terjun kedalam industri," ujar Ardian yang juga merupakan pendiri Lembaga Sertifikasi Profesi SDM TIK dan pengurus Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) yang menjabat sebagai Ketua Komtap Animasi Multimedia. 

Ardian Elkana juga meyakini akan pentingnya media convergence dalam industri 4.0 sehingga pihaknya berharap melalui program ini akan melahirkan talenta digital baru yang profesional. 

Menyambut baik berdirinya AKOM CMC, Wakil Rektor ISTA (Institut Teknologi Al Kamal) Totok Sediyantoro yang hadir pada pembukaan pelatihan ini pun langsung menjalin kerjasama dengan LKP CMC dengan menandatangani MOU bersama Ketua Yayasan CMC Endang Handayani untuk penyelarasan RPL agar siswa lulusan AKOM CMC dapat melanjutkan S1 di Institut Teknologi Al Kamal. 

Sebelumya Mr. Ravi Kant Bahl, pendiri MAGES INSTITUTE, sekolah Game & Teknologi Kreatif terkemuka Singapore, juga telah menandatangani MoU dengan CMC untuk bersama menyelenggarakan program 3D Game, AR/VR, AI, Data Science dengan mentor profesional dari mancanegara. 

Tujuan MAGES INSTITUTE dan CMC menjalin kerja sama adalah untuk mencetak talenta digital terbaik agar Industri 4.0 berkembang di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. 

Untuk memastikan kualitas lulusan AKOM CMC, Dewan pengawas CMC, Asye Berti Saulina Siregar mengatakan, CMC juga telah menjalin kerja sama Sekretariat LSP SDMTIK Tri Cahyandi agar setiap lulusan diklat CMC bisa disertifikasi oleh LSP SDMTIK dan LSK Terkait. 

Di tempat yang sama, Ketum APTIKNAS Soegiharto Santoso mengaku bangga kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program APTIKNAS menciptakan talenta digital yang sejalan dengan program Presiden RI Joko Widodo menciptakan 600.000 talenta digital setiap tahun. “Industri TIK 4.0 selalu membutuhkan brainware yang fresh dan smart. Salah satu cara APTIKNAS mendapatkan talenta digital yang tangguh adalah dengan mendukung diklat vokasi seperti ini," tutur Hoky sapaan akrab pengusaha yang ikut terlibat aktif mendirikan LSP SDM TIK dan LSP Pers Indonesia. 

Di akhir acara, Koordinator Pokja PKK, Ditsuslat, Ditjen Vokasi Kemendikbud Purwanto yang diwakili oleh Soegiharto Santoso menerima secara simbolis desain karakter SI OCHIP dari Bertha Eliana, mewakili para siswa diklat PKK, yang menandakan dimulainya produksi animasi SI OCHIP. 

Purwanto juga membawa pesan dari Direktur Ditsuslat Dr. Wartanto yang menekankan pentingnya kualitas output yang dihasilkan oleh para siswa PKK agar nantinya bisa bersaing bebas di pasaran. 

Pada kegiatan diklat PKK Animasi 3D tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus DPP APTIKNAS antara lain Soegiharto Santoso selaku Ketum, Andri Sugondo selaku Bendahara, Totok Sedyantoro selaku Ketua Komtap Sertifikasi Profesi, Ardian Elkana selaku Ketua Komtap Animasi Multimedia dan Cepu Supriyanto selaku Ketua Komtap Kerjasama Pemda serta hadir pula Tuty Purwaningsih selaku Account Director CMC. (**i)

Dibaca 26 kali

Facebook comments