Skip to main content

Air Terjun Paliak, Wisata Alam Cantik yang Penuh dengan Tantangan

pariwisatan
wisata air terjun palik

Bengkulu - Bengkulu adalah salah satu provinsi yang cukup beruntung karena dianugrahi dengan keindahan alam yang menawan. Tak hanya pantai, sebagian wilayah Bengkulu yang masuk ke dalam Taman Nasional Kerinci Seblat juga menjadikannya memiliki beberapa air terjun yang sangat cantik di tengah-tengah hutan belantara yang sunyi nan asri. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Bengkulu, salah satunya yang harus kamu kunjungi adalah Air Terjun Paliak.
Air Terjun Paliak akan lebih cocok bagi kamu para pecinta wisata alam. Karena memang untuk menuju ke lokasi air terjun kamu akan dihadapkan dengan banyak tantangan yang cukup menguji adrenalin. Kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan berenang yang cukup baik agar bisa mencapai lokasi Air Terjun Paliak.

1

Lokasi Air Terjun

Secara administratif Air Terjun Paliak berada di Desa Embong, Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong, Bengkulu. Jika para pengunjung datang dari Kota Bengkulu, maka mereka harus menempuh perjalanan darat sejauh 133 km dengan durasi waktu tempuh sekitar 3,5 jam melalui Jalan Padang-Bengkulu atau Jl. Lintas Barat Sumatera. Kondisi jalan yang cukup memadai memungkinkan para pengunjung untuk menuju ke Desa Embong dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Sesampainya di Desa Embong, kendaraan pengunjung bisa diparkir di tempat yang telah disediakan tepat di atas bendungan sungai. Namun dari parkiran kendaraan menuju ke lokasi Air Terjun Paliak masih harus tracking sekitar 30 menit menembus hutan belantara, mengingat air terjun tersebut masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Tantangan pertama yang harus dihadapi pengunjung adalah menuruni bendungan dengan menggunakan anak tangga yang telah disediakan. Tidak seberapa berat, namun itu baru permulaan sebelum kemudian kamu dihadapkan dengan hutan belantara yang cukup lebat. Untuk bisa sampai ke lokasi para pengunjung harus berjalan menyusuri sungai. Di awal perjalanan kedalaman sungai memang hanya sebatas mata kaki, namun semakin ke dalam arus sungai semakin deras dan cukup dalam. Belum lagi terdapat banyak batuan sungai dengan ukuran yang sangat beragam, bahkan ada yang sebesar truk.

Jelang sampai di lokasi, rintangan yang dihadapi oleh para pengunjung akan semakin berat. Karena celah antara batu yang satu dengan yang lainnya semakin lebar, sehingga mau tidak mau para pengunjung harus berenang dan melawan arus sungai yang cukup deras untuk bisa sampai di lokasi. Namun jernihnya air sungai bisa menjadi penggoda bagi para pengunjung untuk segera menceburkan diri dan berenang menuju ke sisi yang lainnya.
Pesona air terjun paliak

Meskipun harus melalui perjalanan yang melelahkan dan dipenuhi dengan rintangan yang menguji adrenalin, namun pemandangan yang disajikan oleh Air Terjun Paliak dijamin tidak akan pernah mengecewakanmu. Air terjun setinggi 25 meter akan menyambutmu dengan suara gemuruh air yang jatuh bebas dengan begitu indahnya. Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras, namun airnya sangat menyegarkan dan jernih karena bersumber dari mata air pegunungan yang belum tercemar oleh limbah.

Di sekitar air terjun kamu bisa melihat tebing dan bebatuan besar yang saling tindih menindih menciptakan formasi yang unik. Suara burung dan serangga hutan yang saling bersahutan akan memberikanmu ketenangan batin yang luar biasa. Pokoknya kamu dijamin betah untuk berlama-lama di sana.

1

Aktivitas air terjun paliak

Kamu bisa berenang di sekitar Air Terjun Paliak, namun tidak tepat di bawah air terjun. Karena memang air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras sehingga bisa membahayakan keselamatan. Jika berenang akan membuatmu merasa lebih capek, duduk di atas bebatuan sungai sembari menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Paliak juga bisa menjadi pilihan yang pas.

Fasilitas di air terjun paliak

Mengingat medan yang sulit dan berada di tengah-tengah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, kamu tidak akan menemukan fasilitas penunjang seperti toilet atau pun gazebo di Air Terjun Paliak. Disana juga tidak ada warung penjual makanan atau pun minuman, karena memang air terjun ini masih sangat alami.

Tiket masuk air terjun paliak

Jangan takut mahal untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Paliak. Karena bagi setiap pengunjung mereka hanya akan dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah.
 

Dibaca 8 kali

Facebook comments