Skip to main content

5 Tips Mudah Memilih Layanan Pinjaman Uang Online

Foto Ilustrasi
ilustrasi

Kita tentu sudah tidak asing dengan layanan pinjaman uang online atau sering disebut pinjol yang kini sedang marak. Layanan tersebut umumnya melalui website atau aplikasi, sehingga pihak peminjam dan pemberi pinjaman tidak perlu bertatap muka.

Di era pandemi, saat ekonomi masyarakat mayoritas menurun, pinjaman online seringkali menjadi alternatif.  Tujuannya macam-macam, mulai dari membuka usaha baru, membayar cicilan properti, hingga memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. 

Meningkatnya kebutuhan terhadap pinjaman online resmi harus dibarengi dengan edukasi terkait cara memilih layanan pinjol terbaik. Jangan sampai kasus penipuan, pemerasan, pencurian data, maupun hal-hal merugikan masyarakat lainnya terjadi. 

Begini Cara Memilih Layanan Pinjaman Uang yang Benar 

Hampir setiap penyedia pinjaman akan memberikan fasilitas pinjaman uang yang bisa dicicil pengembaliannya. Namun ada beberapa aspek lain yang perlu Anda perhatikan lagi, yaitu:

  1. Kenali Pinjaman Online yang Resmi

Pinjaman online resmi memiliki perizinan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Dengan demikian, pihak pemberi pinjaman maupun peminjam berada di bawah payung hukum apabila salah satu pihak merasa dirugikan. 

Pinjaman resmi memiliki transparansi kesepakatan. Calon pengguna bisa mengakses mereka dengan mudah, misalnya melalui laman website atau aplikasi di Android. 

Berbeda dengan pinjaman online yang tidak jelas akadnya. Biasanya mereka menawarkan pinjaman melalui SMS, penawaran melalui telepon dengan penjelasan yang rumit, dan lain sebagainya. 

Keamanan jasa menjadi faktor terpenting agar pinjaman Anda tidak berbuah petaka. 

  1. Pilih Persyaratan yang Mudah 

Setiap orang tentu menginginkan kemudahan administrasi untuk mendapatkan pinjaman online. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, pengurusan berkas pengajuan pinjaman sudah seharusnya mudah namun tetap aman. 

Pilihlah aplikasi pinjaman dana jaminan KTP. Calon peminjam tinggal men-scan KTP mereka disamping wajah kemudian menunggu verifikasi. Sangat simpel, bukan?

  1. Transparansi Jumlah Pembayaran 

Sebelum mengambil pinjaman, tentu Anda sudah memperhitungkan strategi untuk pengembalian dana tersebut. Misalnya akan mengambil jangka waktu pengembalian berapa lama. 

Penyesuaian semacam ini hanya bisa Anda lakukan ketika mendapatkan transparansi pembayaran dari pihak peminjam. Aplikasi aman tidak akan ragu bertindak transparan agar nasabah tidak merasa kecewa nantinya.

  1. Memiliki Track Record yang Baik

Aspek penting lainnya, kenali track record perusahaan peminjam lebih dahulu sebelum memutuskan mengambil pinjaman. Misalnya, menilai rating aplikasi atau jumlah ulasan di Play Store atau App Store. 

Rating bersifat publik sehingga tidak mudah dimanipulasi. Perhatikan pula jumlah pengguna, kolom ulasan, mayoritas penilaian bintang, dan lain sebagainya. 

  1.  Memiliki Jumlah Bunga Rendah 

Setelah 4 kriteria sebelumnya terpenuhi, kini Anda bisa memilih jasa mana yang menyediakan bunga paling rendah. Tentu saja tujuannya untuk meringankan beban pembayaran Anda nantinya. 

Adapun standar nilai bunga pada pinjaman yang rendah berkisar pada presentasi 3%-4%. Selain bunga, peminjam nantinya juga dikenakan biaya administrasi untuk proses tiap pembayaran.

Kini, Tunaiku telah menjelma menjadi aplikasi peminjaman dana online yang kredibel dan profesional. Dengan pelayanan ramah dan tanggap, dijamin Anda tidak akan kecewa. 

Jika aplikasi lain membutuhkan surat keterangan NPWP, slip gaji, atau lain sebagainya untuk mendaftar, Tunaiku hanya membutuhkan KTP saja. Jadi, Anda bisa mengajukan pinjaman uang secepat mungkin tanpa rumit.

Tidak dapat dipungkiri, pinjaman online memang mendapatkan stigma kurang baik di masyarakat umum. Anggapan tersebut lahir tidak lain karena banyaknya pinjaman online yang kurang bertanggung jawab dan dengan sengaja merugikan masyarakat. 

Namun ingat, beberapa penyedia pinjaman online sepenuhnya bertanggung jawab terhadap nasabah mereka. Tentu saja, asalkan konsumen jeli dan teliti untuk menemukan mereka. Jadi, jangan sampai Anda melupakan 5 langkah kunci di atas. 

 

Dibaca 11 kali

Facebook comments