Skip to main content

2018, Distan Kaur Programkan Tanam Padi Setahun Tiga Kali di Lahan 300 HA 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Kaur , Nasrul Rahman S.Hut
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Kaur , Nasrul Rahman S.Hut

KAUR- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Kaur , Nasrul Rahman S.Hut mengatakan, mulai tahun ini pihaknya melakukan percepatan produktifitas tanam padi dengan cara sistim tanam tiga kali dalam satu tahun.

 

Dikatakannya, produktifitas percepatan tanam padi ini tiga kali setahun tersebut dilakukan dengan cara menfektifitaskan berigade Alsintan yang telah ada di Kabupaten Kaur.

 

“Alsintan tersebut  adalah sarana dan prasarana pertanian sebagai pendukung dalam upaya percepatan produktifitas padi di Kabupaten Kaur. Pada tahun 2018 ini sebagai hamparan sawah percontohan yang akan menerapkan sistim tanam padi tiga kali dalam 1 tahun,” katanya

 

Hamparan sawah tersebut terdapat  di Pilauo Kabu, Kecamatan Padang Guci Hulu, dengan luas hamparan 300 hektar. Kenapa hamparan Pulauo Kabu bisa dijadikan contoh sistim tanam padi 3 kali dalam 1 tahun,menurutnya  karrna hamparan tersebut sudah memiliki jaringan irigasi teknis.

 

Untuk itu, Nasrul Rahman berharap kepada petani padi yang hamparannya sudah memiliki irigasi teknis di Kabupaten Kaur , agar melakukan sistim tanam padi 3 kali dalam 1 tahun.

 

“ Bagi petani sawah hamparan tada hujan,  agar kiranya dapat melakukan sistim tanam 2 kali dalam satu tahun. Sehingga diharapkan tidak ada lagi lahan yang tidur. Andaikan lahan tidak bisa ditanam padi, maka dapat dilakukan penanaman komunitas lain, seperti tanaman jagung dan kedelai,” tegas Kadis Pertanian dan Peternakan kabupaten Kaur, Nasrul Rahman. (ay).

Dibaca 64 kali

Facebook comments