Skip to main content

Wamendag RI Dukung Upaya Bupati Bengkulu Selatan Digitalisasi Gerai dan Revitalisasi Pasar

Wamendag RI
Wamendag RI Dukung Upaya Bupati Bengkulu Selatan Digitalisasi Gerai dan Revitalisasi Pasar

Jakarta – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menjumpai Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Jumat (16/04). Ikut hadir dalam pertemuan yakni Wakil Ketua DPD RI Sultan Bahtiar Najamudin sekaligus fasilitator pertemuan pihak pemerintah daerah ke pihak kementerian perdagangan RI.

“Sebagai perwakilan dari daerah, kami bantu untuk mediasi dan representasi kebutuhan masyarakat di daerah,” kata Wakil Ketua DPD RI di kantor Kementerian Perdagangan.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan aspirasi masyarakat khususnya mengenai gerai modern. “Gerai modern sudah menggerus ekonomi rakyat kecil, oleh karena itu kami mencoba mengulirkan konsep gerai modern milik warga dalam program Kios Sekundang”katanya ketika menyampaikan rilis pers.

Untuk mengatasi hal tersebut, Gusnan menawarkan solusi dengan membuat kios warga dengan konsep modern. “Kami namakan kios sekundang yang dibangun dengan model sistem warung digital dengan tampilan rak display modern, ada pusat distribusi dan wajib memasang 30% produk lokal,” terangnya.

Selain itu, Gusnan juga menyampaikan masukan mengenai kebutuhan gudang dan pasar. “Kami butuh gudang untuk jagung dan gabah, serta revitalisasi pasar tradisional daerah,” ungkapnya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyambut baik aspirasi masyarakat ini. “Kami dari Kemendag menginginkan adanya keseimbangan antara gerai tradisional dan modern dalam rangka menghidupi sektor umkm,” terangnya.

Selain itu, Kemendag juga mengapresiasi langkah Bupati Bengkulu Selatan karena sejalan dengan program Kemendag untuk digitalisasi pasar. “Sekarang sudah mulai di pasar untuk transaksi cashless apalagi dalam pandemi Covid-19 ini untuk meminimalisasi potensi penularan,” paparnya.

Lebih lanjut Jerry menerangkan agar digitalisasi berjalan dengan baik, Kemendag siap mendukung dengan menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). “Bisa langsung scan handphone dibayarkan ke pedagang dan kita juga minta Kemkominfo supaya jaringan internet bagus di pasar-pasar,” paparnya.

Jerry juga sepakat agar gerai modern ikut memasarkan produk lokal. “Kita harus bangga buatan Indonesia untuk meningkatkan produk UMKM,” jelasnya. Ia juga mendukung untuk membangun SRG (Sistem Resi Gudang) untuk gabah, jagung, karet yang ada di Bengkulu Selatan “Untuk pembangunan dan revitalisasi pasar kami siap, tinggal diajukan proposal saja untuk teknisnya,” pungkasnya. (Release).
 

Dibaca 10 kali

Facebook comments